Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

01-06-2024 Palangka Raya Dilihat 392 kali

Palangka Raya, 1 Juni 2024 – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Palangka Raya menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Upacara tersebut berlangsung di halaman kantor BBPOM di Palangka Raya dan dihadiri oleh seluruh ASN dan PPNPN.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Plh. Kepala BBPOM di Palangka Raya, Wahyu Puspita Dewi, membacakan pidato resmi dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia. Dalam pidato tersebut, disampaikan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Pidato yang dibacakan menekankan beberapa poin penting, di antaranya:

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar

Dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Upacara diakhiri dengan pembacaan doa bersama untuk kesejahteraan bangsa dan negara, serta foto bersama seluruh peserta upacara. Peringatan Hari Pancasila  BBPOM di Palangka Raya ini menjadi momentum penting untuk merefleksikan kembali nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan semangat Pancasila, BBPOM di Palangka Raya siap memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjaga kesehatan masyarakat dan membangun Indonesia yang lebih baik.

BBPOM di Palangka Raya

Sarana