Profil

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (disingkat BPOM) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan. BPOM berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan. BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Obat dan Makanan dimaksud terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Balai Besar POM di Palangka Raya sebagai Unit Pelaksana Teknis BPOM melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana tercantum dalam Peraturan Kepala BPOM Nomor 12 Tahun 2018 serta Peraturan BPOM Nomor 29 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan BPOM Nomor 12 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Visi

Obat dan Makanan aman, bermutu, dan berdaya saing untuk mewujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian berlandaskan Gotong-Royong.

Misi

Misi

    BPOM melaksanakan Misi presiden dan Wakil Presiden nomor 1, 2, 7, 8 dan 9, dengan uraian sebagai berikut:
    1. Membangun SDM unggul terkait Obat dan Makanan dengan mengembangkan kemitraan bersama seluruh komponen bangsa, dalam rangka peningkatan kualitas manusia Indonesia.
    2. Memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha Obat dan Makanan dengan keberpihakan terhadap UMKM, dalam rangka membangun struktur ekonomi yang produktif, dan berdaya saing untuk kemandirian bangsa.
    3. Meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan , serta penindakan kejahatan Obat dan Makanan melalui sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam rangka Negara Kesatuan guna perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga.
    4. Pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya untuk memberikan pelayanan publik yang prima di bidang Obat dan Makanan.

    '     '    '

    Budaya Organisasi

    Budaya organisasi merupakan nilai-nilai luhur yang diyakini dan harus dihayati dan diamalkan oleh seluruh anggota organisasi dalam melaksanakan tugas. Nilai-nilai luhur yang hidup dan tumbuh kembang dalam organisasi menjadi semangat bagi seluruh anggota organisasi dalam berkarsa dan berkarya.

    1. Profesional: Menegakkan profesionalisme dengan integritas, objektivitas, ketekunan dan komitmen yang tinggi.
    2. Integritas: Konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan
    3. Kredibilitas: Dapat dipercaya dan diakui oleh masyarakat luas, nasional dan internasional.
    4. Kerjasama Tim: Mengutamakan keterbukaan, saling percaya dan komunikasi yang baik.
    5. Inovatif: Mampu melakukan pembaruan sesuai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.
    6. Responsif/Cepat Tanggap: Antisipatif dan responsif dalam mengatasi masalah.

    Tugas Pokok :
    Melaksanakan kebijakan teknis operasional di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

    Fungsi :
    1. Penyusunan rencana dan program pengawasan Obat dan Makanan;
    2. Pelaksanaan pemeriksaan sarana/fasilitas produksi Obat dan Makanan;
    3. Pelaksanaan pemeriksaan sarana/fasilitas distribusi Obat dan Makanan dan/atau sarana/fasilitas pelayanan kefarmasian;
    4. Pelaksanaan sertifikasi produk dan sarana/fasilitas produksi dan/atau distribusi Obat dan Makanan;
    5. Pelaksanaan pengambilan contoh (sampling) Obat dan Makanan;
    6. Pelaksanaan pengujian Obat dan Makanan;
    7. Pelaksanaan intelijen dan penyidikan terhadap pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan Obat dan Makanan;
    8. Pengelolaan komunikasi, informasi, edukasi, dan pengaduan masyarakat di bidang pengawasan Obat dan Makanan;
    9. Pelaksanaan koordinasi dan kerja sama di bidang pengawasan Obat dan Makanan;
    10. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengawasan Obat dan Makanan;
    11. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga; dan
    12. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

    Profil Organisasi

    Budaya organisasi merupakan nilai-nilai luhur yang diyakini dan harus dihayati dan diamalkan oleh seluruh anggota organisasi dalam melaksanakan tugas. Nilai-nilai luhur yang hidup dan tumbuh kembang dalam organisasi menjadi semangat bagi seluruh anggota organisasi dalam berkarsa dan berkarya.

    1. Profesional: Menegakkan profesionalisme dengan integritas, objektivitas, ketekunan dan komitmen yang tinggi.
    2. Integritas: Konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan
    3. Kredibilitas: Dapat dipercaya dan diakui oleh masyarakat luas, nasional dan internasional.
    4. Kerjasama Tim: Mengutamakan keterbukaan, saling percaya dan komunikasi yang baik.
    5. Inovatif: Mampu melakukan pembaruan sesuai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.
    6. Responsif/Cepat Tanggap: Antisipatif dan responsif dalam mengatasi masalah.

    Struktur Organisasi

    Profil Yani Ardiyanti, SF, Apt.,M.Sc

    Lahir pada tanggal 06 Januari 1980 di Surakarta, Jawa Tengah, Yani Ardiyanti, SF, Apt.,M.Sc menjabat sebagai Plt.Kepala Balai Besar POM di Palangka Raya sejak tanggal 01 Februari 2024

    Selama perjalanan karirnya, beliau pernah menjabat diantaranya:

    • Plt.Kepala Balai Besar POM di Palangka Raya April 2021 – November 2022
    • Kepala Bagian Tata Usaha pada Balai Besar POM di Palangkaraya Juli 2019 – Sekarang
    • Kepala Subbagian Umum pada Balai Besar POM di Palangkaraya  Oktober 2018 - Juli 2019
    • Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda  Agustus 2015 - Oktober 2018

     Beliau menyelesaikan pendidikan Farmasi di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2002 dan mendapatkan gelar Apoteker tahun 2003 serta menyelesaikan pendidikan Magister Ilmu Kefarmasian di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2014

    Website e-lhkpn klik link disini
    Unduh Laporan
    Sarana